Nama : Dewa wicaksono
NIM : 14510071
USAHA
JASA LAUNDRY
“Raja
Laundry”
Dosen
Pengampu : Irmayanti Hasan,ST., MM
Disusun
Oleh :
Dewa
Wicaksono ( 14510071 )
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG
2017
BAB
I
Karakteristik
dan Klasifikasi Jasa
A. Latar Belakang
Laundry adalah fasilitas dimana pakaian dicuci dan
dikeringkan. Binatu biasa menggunakan mesin cuci otomatis yang disebut sebagai
laundromat atau merk dagang umum. Dengan perkembangan model busana dan aneka
pernak perniknya, misalnya jenis-jenis pakaian yang memiliki banyak motif yang
tidak mudah untuk mencuci sendiri dan berbagai jenis perlengkapan lainnya
seperti pelayanan cuci handuk, cuci sepatu, cuci selimut, cuci badcover, cuci
bonea, cuci tas dan lain-lain. Dengan perkembangan kain serta modelnya maka
pencucian dan perawatanya menjadi sulit, disinilah jasa laundry mulai
diperlukan dan saat ini perkembangan usaha laundry semakin maju. Jasa laundry
bukan hanya sekedar tempat mencuci melainkan sebagai tempat perawatan pakaian
agar lebih bersih dan awet, dan factor serba instant serta praktis menjadi
trend bagi masyarakat saat ini.. Begitu pentingnya keberadaan laundry saat ini
maka bisnis ini begitu berkembang pesat. Kalau jaman dulu jasa laundry masih
dikelola oleh kebanyakan dihotel hotel tapi saat ini baik kalangan bermodal
atau masyarakat umum mulai memanfaatkan jasa laundy. Para mahasiswa atau
pegawai kantor yang merasa cukup memiliki uang tentunya akan lebih suka untuk
mencuci pakaian mereka memakai jasa laundry karena lebih nyaman, mudah dan
memanjakan
Dewasa ini, kepraktisan adalah sesuatu yang dicari.
Semua orang ingin semuanya serba praktis. Walaupun sering sekali kita harus
mengeluarkan uang yang cukup besar untuk kesibukan yang sangat padat, dan tidak
adanya waktu membuat semua itu menjadi mungkin. Kesibukan di kantor, ataupun di
kampus membuat seseorang tak memiliki waktu cukup luang, bahkan untuk mencuci
pakaiannya sendiri. Hal inilah yang menginspirasi berdirinya bisnis laundry. Bisnis
laundry sangat potensial terutama di daerah dimana dekat kos-kosan, dekat
perumahan dan banyak pasangan suami istri yang sibuk bekerja. Di daerah
Kasihan, yang dekat dengan salah satu perguruan tinggi swasta besar, sangat
berpotensi untuk usaha laundry. Selain rata-rata mahasiswanya berasal dari
keluarga yang berkecukupan, kesibukan mahasiswa di kampus membuat mahasiswa
tidak punya waktu untuk mencuci pakainnya sendiri. Di daerah Kasihan juga
banyak terdapat karyawan-karyawan dan pasangan suami-istri yang sibuk bekerja.
Bisnis laundry pun sangat memungkinkan pengusaha mendapat untung yang besar
karena dapat dipastikan setiap hari pakaian kotor akan selalu ada.
Adapun beberapa hal yang mendasari saya memilih jasa
laundry : Memanfaatkan gaya hidup malas mencuci., Perubahan gaya hidup dan
tuntutan kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga, yang
tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada usaha
laundry kiloan., Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih
mudah menjadi kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan mencuci manual pasti akan
sulit menjadi kering, oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor
mereka ke laundry-laundry, Trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari
gaya hidup masyarakat
Pemilihan usaha laundry adalah adanya kecenderungan
gaya hidup praktis dan menyerahkan urusan cucian ke jasa laundry. Selain karena
perubahan gaya hidup juga karena tuntutan kesibukan yang memakan waktu dan
tenaga, karyawan dan mahasiswa bahkan ibu rumah tangga yang merasa tidak
memiliki waktu untuk mencuci pakaian, dan energi mereka sudah digunakan untuk
aktifitas mereka yang padat, sehingga lebih memilih menyerahkan pada jasa
laundry, kondisi cuaca yang berubah saat ini, lebih sering hujan mengakibatkan
pakaian cepat kotor, menjemur pakaian menjadi lama di proses pengeringannya dan
trend menggunakan jasa laundry juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat
B.
Klasifikasi
Jasa
Klasifikasi pada perusahaan laundry dimasukkan dalam
kategori hybrit. Yang mana pengertian hybrit itu sendiri adalah penawaran
terdiri dari barang dan jasa yang sama besar porsinya. Dan juga termasuk dalam
produk fisik dengan jasa pendukung, yang mana penawaran atas jasa disertai
dengan satu atau beberapa jasa untuk meningkatkan daya tarik konsumen.
Contohnya pada jasa laundry Clean and Fresh (CNF) selain memberikan jasa cuci
pakaian juga memberikan tambahan seperti halnya parfum pada pakaian yang di
cuci. termasuk juga jasa murni karena hampir seluruhnya berupa jasa. Dan juga
Jasa utama yang didukung dengan barang minor.
Dan jika dilihat berdasarkan tingkat kontak konsumen
dengan pemberian jasa termasuk dalam Low-contact system yaitu pada perusahaan
laundry konsumen tidak perlu menjadi bagian dari sistem untuk menerima jasa,
artinya konsumen hanya menyerahkan barang (pakaian) yang ingin di laundrykan
kepada perusahaan yang memberikan jasa laundry tanpa ikut campur di dalamnya
saat proses berlangsung.
Sedangkan dilihat berdasarkan kesamaan dengan
operasi manufaktur yang terdiri dari tiga kelompok yaitu pure service,
Quasimanufacturing service, Mixed service perusahaan laundry termasuk dalam
kelompok Quasimanufacturing service yang mana pada jasa ini termasuk sangat
Low-contact dan konsumen tidak harus menjadi bagian dari proses produksi jasa.
C.
Karakteristik
Jasa
Produk jasa memiliki karakteristik yang berbeda dengan
barang (produk fisik). Ada beberapa pengelompokan karakteristik jasa antara
lain Intangibility (tidak berwujud), inseparability, hiterogeinity,
perishability, dan Lack of ownership.
Karakteristik pada perusahaan laundry yaitu mencakup pada
semua kategori seperti Intangibility
(tidak berwujud) Jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengarkan,
atau dicium sebelum jasa itu dibeli. Inseparability, umumnya pada aktivitas
jasa proses produksi dan konsumsi terjadi bersamaan, dalam arti konsumen
terlibat dalam implikasinya kontak dan interaksi menjadi sangat penting.
Heterogenity, standarisasi sulit dilakukan karena sangat tergantung pada sumber
daya manusia yang terlibat, sehingga kualitas sulit dikendalikan.
Perishability, jasa tidak mengenal persediaan atau penyimpanan dari produk yang
telah dihasilkan. Lack of ownership yang mana pelanggan tidak memiliki jasa
dalam artian tidak terjadi perpindahan jasa atas suatu jasa untuk jangka waktu
yang terbatas. Masalah yang sering terjadi pada Lack of ownership adalah tidak
terjadi perpindahan kepemilikan.
Strategi mengatasi
masalah yang ditimbulkan oleh Lack of ownership pada perusahaan jasa laundry
adalah sebagai berikut :
a.
Menekankan keunggulan atau keuntungan non-ownership.
b.
Menciptakan asosiasi keanggotaan untuk memperlihatkan kepemilikan.
c. Memberikan
insentif bagi para pengguna rutin (pelanggan) misalnya dengan memberikan
diskon, cuci gratis dll.
Untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan atau
karyawan maka perusahaan yang menyediakan jasa laundry harus menerapkan
beberapa hal sebagai berikut :
a.
Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen atau pelanggan.
b.
Ramah terhadap konsumen atau pelanggan dan karyawan.
c.
Memberikan pelayanan lebih bisa berupa antar jembut laundry (delivery order).
d.
Menjaga mutu perusahaan jasa laundry.
e.
Memberikan asuransi atau tanggung jawab apabila jasa yang diberikan tidak
sesuai dengan yang diharapkan pelanggan.
f.
Profesional dalam bekerja.
BAB II
RELATIONSHIP MARKETING
A. Pihak eksternal
Untuk
menjalin hubungan baik kepada pelanggan maka perusahaan jasa laundry harus
mengutamakan kenyamaan kepada pelanggannya serta memberikan fasilitas dan
pelayanan yang baik. Adapun beberapa hal yang berhubungan untuk menjalin atau
membangun hubungan baik dengan pelanggan yaitu :
o
Bersikap ramah terhadap setiap pelanggan
o
Bekerja secara professional
o
Bekerja tepat waktu
o
Menjaga mutu
o
Memberikan asuransi atau tanggung jawab
apabila jasa yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan pelanggan
o
Memberikan pelayanan (delivery order)
o
Menerima kritik dan saran dari pelanggan
sebagai sesuatu yang membangun
o
Memberi informasi tentang jasa yang akan
digunakan.
o
Memberi perhatian khusus pada pelanggan.
o
Memberi discount gratis buat pelanggan yang telah royal
o
Perhatian dan pendekatan secara personal
yang kami berikan kepada konsumen guna untuk menciptakan gambaran kepedulian
kami kepada konsumen.
B. Pihak internal
Dalam pencapaian laba maskimal perlu adanya hubungan
internal yang baik, kerjasama antara owner dengan karyawan harus baik dan
selalu terjaga. Oleh sebab itu owner harus memberikan suasana kerja yang nyaman
dan saling menghormati satu sama lain. Mencapai standart kualitas yang tinggi
dalam hal pelayanan jasa dan membuat pelanggan puas setiap saat. Kesemua itu
adalah hal yang penting untuk kelangsungan dan perkembangan bisnis bersama,
maka elemen penting yang harus diperhatikan adalah komunikasi dengan karyawan.
Segala keluhan, kritik, dan saran harus diperhatikan oleh Owner. Dalam hubungan
terhadap karyawan juga harus membiasakan diri untuk budaya kerja yang baik
dengan melakukan sebagai berikut :
·
Menjaga keharmonisan lingkungan kerja.
·
Saling mempercayai lingkungan kerja.
·
Saling memberikan dukungan pada rekan
kerja.
·
Saling memotivasi antar rekan kerja.
C. Pemasok
Supplier
atau pemasok merupakan mitra yang penting dalam strategi bisnis, karena pemasok
adalah penyedia bahan baku untuk kegiatan operasional harian. Bahan baku yang
telat berdampak langsung pada aktivitas bisnis sehingga kepuasan pelanggan
menurun dan paling penting laba juga akan menurun. Maka dari itu untuk menjaga
hubungan yang kuat dengan pemasok harus dilakukan dengan jujur dan tidak
melanggar peraturan yang telah disepakati pada awal perjanjian. Prinsip
yang di terapkan Rezky Laundry untuk menjaga hubungan yang baik
dengan pemasok antara lain:
·
Menaati undang-undang, Peraturan,
Standar Eksternal, nilai-nilai Grup dan Prosedur Internal.
·
Bersikap transparan, jujur kepada para
supplier, dan menerapkan prinsip kesetaraan.
·
Memastikan Komitmen Masing-masing Pihak
Terjaga.
·
Menjaga kerahasiaan informasi yang
diberikan.
·
Memastikan komitmen perusahaan berkenaan
dengan standar etika, sehingga tanggung jawab perusahaan diketahui dan
terpelihara.
·
Menghindari konflik kepentingan yang
dapat mencederai tujuan dan pembuatan keputusan secara independen.
·
Melaporkan setiap situasi yang merupakan
bentuk pelanggaran terhadap kontrak
Raja Laundry menjalin mitra dengan supplier seperti
Aneka Kimia untuk persediaan detergen dan parfum, Hartono elektronik untuk
keperluan mesin cuci dan setrika jika sewaktu-waktu terdapat masalah dengan
mesin cuci, Toko Laris untuk persediaan plastic dan kantong plastik membina
mitra yang baik dengan beberapa supplier diatas yaitu berupa transaksi melalui
telepon jika memesan bahan baku atau konsultasi melalui telepon jika terdapat
masalah dengan mesin cuci dan setrika. Dengan menjalin kemitraan yang baik akan
memudahkan Raja Laundry dalam menentukan, memilih dan meminimalisir harga dari
pemasok. Masing-masing pihak sangat dibutuhkan untuk memepertahankan hubungan
kerja demi kelancaran bisnis ini. Hasilnya adalah jika pemasok lancar maka
operasional akan lancar dan pelanggan akan merasa puas karena semua keinginan
dan kebutuhan dapat terpenuhi.
D. Antar perusahaan
Dalam bisnis Jasa Laundry perlu adanya asosiasi
sebagai penyatuan dari berbagai layanan jasa laundry untuk menentukan standar
harga ataupun kualitas sehingga akan terjadi persaingan yang seimbang dan
kompetitif. Dapat juga saling membantu juga saling kerja sama apabila ada
berbagai masalah yang muncul seperti suatu permintaan yang tidak dapat dipenuhi
dan memberikannya kepada penyedia jasa laundry lain, kekurangan bahan baku
(detergen dan parfum), kerusakan alat setrika dan mesin cuci.
E. Pihak Lainya ( masyarakat dan
lembaga keuangan)
Corporate Social Responsebility”
(Hubungan Masyarakat) dalam dunia bisnis adalah hal penting, hal ini berkaitan
dengan masyarakat sekitar yang berada dengan bisnis yang didirikan. Masyarakat
sekitar merupakan bagian penting yang tidak bisa diacuhkan dalam rangka
menciptakan lingkungan yang kondusif. Kepedulian kepada masyarakat dengan
mengambil sebagian tenaga kerja yang ada di sekitar tempat usaha Rizky Laundry.
Selain itu dengan membuang limbah air bekas cucian sesuai pada tempatnya agar
tidak mencemari lingkungan masyarakat. Pemenuhan pipa dan tempat pembuangan
limbah merupakan hal penting yang harus dilakukan karena penggunaan detergen
yang berasal dari bahan kimia akan mencemari masyarakat jika membuangnya
sembarangan. Adapun kontribusi perusahaan terhadap masyarakat, diantaranya :
·
Mempermudah dan memberikan alternatif
masyarakat untuk memperoleh jasa pencucian pakaian yang professional.
·
Kebersihan dan kenyamanan counter untuk dikunjungi oleh masyarakat
·
Keramahan dari staff kami dalam
melayani pelanggan.
·
Membuka kesempatan kerja
Dalam melakukan
hubungan dengan pihak lembaga keuangan Melakukan pendekatan dengan layanan
perbankan. Pinjaman dari layanan perbankan menjadi dana awal perusahaan sumekar
laundry, sumekar laundry bekerja sama dengan Bank BRI untuk pembiayaan
kebutuhan dari perusahaan yang bertujuan untuk prospek kedepannya.
BAB
III
PERUMUSAN
STRATEGI PERUSAHAAN JASA
A.
Visi
dan Misi
·
Visi
:
Menjadi
perusahaan penyedia jasa laundry yang dijadikan tujuan utama pelanggan
dalam kebutuhan akan kebersihan dan kualitas yang baik.
·
Misi :
Ø menghasilkan
pelayanan terbaik, inovatif yang disukai oleh pelanggan
Ø Menjaga
kualitas dan meningkatkanmutu dari jasa
laundry
Ø Memberikan
pelayanan yang cepat dan sesuai pada waktunya kepada pelanggannya
Ø Menjadikan
pelanggan sebagai partner atau kerabat agar pelanggan merasa nyaman dalam
pelayanan jasa yang dilakukan
Ø Pelayanan
yang terbaik kepada pelanggan dan menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama
·
Motto :
“Kepuasan Anda adalah
Prioritas Kami”
B.
Analisis
SWOT
1. Strenght
( Kekuatan)
Ø Kecenderungan
masyarakat gaya hidup praktis dalam mencuci karena tuntutan kesibukan
Ø Ketepatan
waktu dalam layanan jasa
Ø Menjaga
kualitas pakaian tetap baik
Ø Paket
bonus gratis cuci
Ø Garansi
terhadap pakaian apabila terjadi ketidakpuasan konsumen
Ø Kemudahan
akses ke Raja Laundry
Ø Pelayanan
antar jemput pakaian
2. Weaknes
(Kelemahan)
Ø Pelayanan
yang lambat jika terjadi hujan atau kerusakan alat
Ø Masih
merintis citra nama agar di kenal oleh calon konsumen
3. Oportunity
(Kesempatan)
Ø Kecenderungan
masyarkat metropolitan serba praktis dalam hal mencuci
Ø Merupakan
suatu kebutuhan masyarakat akan pakain yang bersih
Ø Terdapat
calon konsumen yang banyak karena berada di daerah kampus,kantor dan sekolahan
4. Threat ( Ancaman)
Ø Adanya
teknologi yang lebih canggih dalam pengeringan pakaia
Ø Adanya
harga pesaing yang lebih murah pada saat promosi
Ø Terdapat
pesaing lain
Ø Konsumen
semakin sensitif terhadap harga
C.
Pasar
Sasaran
Pergeseran gaya hidup serta tuntutan kebutuhan
ekonomi menyebabkan sebagaian besar masyarakat Banjarbaru menjadi keluarga
super sibuk. Hampir semua anggota keluarga, baik suami maupun istri dituntut
memiliki mobilitas tinggi dan menghabiskan
sebagian besar waktunya pada aktifitas di luar rumah. Hal
itu tidak ayal menyebabkan beberapa urusan di dalam rumah kurang menjadi
perhatian karena setelah lelah seharian bekerja yang terpikir sesampai di rumah
adalah istirahat. Pekerjaan mencuci dan menyetrika baju misalnya, kerap kali
menjadi urusan yang merepotkan sehingga butuh orang lain sebab mau tidak mau
penampilan yang bersih dan trendy diperlukan untuk mendukung setiap kegiatan
.
Target pasar dari usaha ini terutama masyarakat yang
ada disekitar tempat usaha dan pengembangan selanjutnya ke daerah-daerah
potensial, jika diidentifikasi maka segmen dari usaha ini antara lain :
Ø Mahasiswa
yang tinggal di daerah Malang dan sekitarnya
Ø Pelajar/Mahasiswa
Ø Keluarga
Muda.
Ø Para
pekerja swasta.
Ø Masyarakat
BAB IV
SEGMENTASI, TARGETING DAN
POSITIONING
A.
Segmentasi
Pada dasarnya, segmentasi pasar adalah proses
membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke
dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen
dalam segala aspek. Adapun segmentasi pasar dari Raja Laundry terdiri dari
beberapa unsur yaitu
·
Demografi =>
dari segi demografi saya untuk konsumen yang berada di daerah malang kota
khususnya dinoya dan lowokwaru
·
Demografis =>
segmen pasar raja laundry adalah usia remaja sampai dewasa. Seperti mahasiswa,
pasangan muda yang sibuk, pekerja dan umum
yang di golongkan pada kalangan menengah ke bawah
·
Psikografis
=> dalam hal ini segmennya adalah kebiasaan masyarakat metropolitan yang mau
serba instan dan tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri.
B.
Targeting
Target pasar dari usaha ini menggunakan Full Market
Coverage yang melayani semua kelompok konsumen. terutama masyarakat yang ada
disekitar tempat usaha dan pengembangan selanjutnya ke daerah-daerah potensial,
jika diidentifikasi maka target dari usaha ini antara lain :
Ø Mahasiswa/wi
yang tinggal di daerah Malang dan sekitarnya
Ø Pelajar/Mahasiswa
Ø Keluarga
Muda.
Ø Para
pekerja swasta.
Ø Masyarakat
C.
Positioning
Dalam positioning saya
menerapkan Raja Laundry ini dengan menekankan motto ketepatan waktu dan
kebersihan dari cucian. Dalam hal ini Raja laundry membangun image bahwa disini
selalu tepat waktu dan bersih, sehingga jika konsumen memikirkan laundry yang
bersih dan tepat waktu maka akan mengingat nam raja laundry
BAB V
STRATEGI PRODUK JASA
A. Produk
Inti ( Core Produk )
Jasa laundry
merupakan bisnis jasa yang bertujuan melayani dan meringankan beban aktifitas
seseorang dengan kepraktisan bagi pengguna jasa tersebut, Setiap orang pasti
memiliki kebutuhan akan pakaian bersih untuk sehari-hari. Seiring dengan
kesibukan dan gaya hidup yang serba instan masyarakat, tentunya waktu yang
telah digunakan mencucipun cukup minim di tambah lagu kondisi cuaca yang tak
passti, sehingga perlu adanya solusi yang tepat untuk sedikit meringankan beban
pekerjaan mahasiswa, disini peluang besar bagi Laundry cukup potensial,
mengingat perliraku masyarkat yang malas mencuci
B. Produk
actual ( Actual product
Produk Aktual
yang di tawarkan oleh Raja laundry meliputi :
·
Cucian selesai tepat waktu
·
Bersih
·
Bergaransi jika terjadi kerusakan pada
pakaian
Produk tambahan
yang kami rancang adalah
·
Pelayanan antar jemput bagi konsumen
yang tidak memiliki waktu atau malas ke tempat kami
·
Pelayanan yang ramah dan professional
·
Dapat mengklai ptongan 50% apabila
pesanan tidak selesai tepat waktu
Dalam
bisnis laundry di klasifikasikan sebagai produk shoping goods, yaitu barang-barang dalam proses pemilihan dan
pembeliannya dibandingkan oleh
konsumen diantara berbagai alternatif yang tersedia. Kriteria
perbandingan tersebut meliputi harga, kualitas dan model masing-masing jasa
BAB
VI
STRATEGI
DISTRIBUSI JASA
Saluran Distribusi adalah saluran
yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen
sampai ke konsumen atau pemakai industry. Dengan adanya saluran distribusi yang
baik dapat menjamin ketersediaan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tanpa
ada distribusi produsen akan kesulitan untuk memasarkan produknya dan konsumen
pun harus bersusah payah mengejar produsen untuk dapat menikmati produknya.
Dalam
bisnis laundry memamakai saluran distribusi langsung Situasi
dimana produsen suatu produk melakukan transaksi secara langsung dengan
pelanggan
Keuntungan :
·
Produsen mengendalikan penuh harga
produk (tidak ada mark up akibat marketing intermediaries)
·
Mudah mendapatkan umpan balik langsung mengenai
produknya --memungkinkan memberikan respon lebih cepat
Adapun bentuk saluran distribusi
langsung dari bisnis Raja laundry ini yaitu Selling
at the point production, dimana perusahaan melakukan pelayanan jasa di tempat
usahany dengan konsumen dating ke gerai laundry usaha saya. Dan dalam
memasarkan jasa ini saya memakai media elektronik dan cetak seperti brosur guna
konsumen mengetahu raja laundry ini
BAB
VII
STRATEGI
PENETAPAN HARGA
Strategi
Penetapan Harga Dalam menentukan harga salah satunya yang kami pertimbangkan
adalah harga yang merujuk pada target pasar dan pesaing. Target pasar kami
adalah mahasiswa dan pelajar memiliki uangi. saku yang
terbatas. Adapun jumlah pesaing dalam bisnis yang serupa di sekitar lokasi
usaha kami cukup banyak, sehingga dalam penetapan harga Raja Laundry tidak
menentukan pada harga yang tinggi.
Mengingat usaha jasa laundry ini
tergolong pendatang di lingkungan target pasar maka saya bermaksud menggunakan
strategi penetapan harga Price
Lining Pricing. Hal ini di karenakan Raja Laundry memiliki fasilitas yang
berbeda terhadap setiap jasa yang di inginkan konsumen. Seperti halnya setrika,
cepat dan wangi kondisi tersebut memengaruhi harga setiap kilo dari harga jasa
yang saya tawarkaan
Pada
bisnis jasa Raja Laundry dalam strategi penetapan harga menggunakan metode
penetapan harga berbasis persaingan karena pada daerah di dinoyo terdapat
pesaing yang kuat karena sudah memulai bisnis jasa laundry terlebih dahulu.
Oleh karena itu Raja Laundry dalam menetapkan harga menggunakan metode
penetapan harga berbasis persaingan yang mana dalam metode ini memiliki tujuan
untuk mengalihkan pelanggan dari yang awalnya mengunakan jasa di laundry lain
sehingga beralih ke Raja Laundry atau bisa jadi pilihan ketika laundry lain
mengalami overload order. Misalnya dengan menetapkan harga lebih rendah dengan
selisih Rp. 500 dari harga Rima Laundry. Harga yang ditetapkan untuk layanan
CKS Rima Laundry adalah Rp. 5.000/Kg maka Raja Laundry mematok harga untuk
setiap Kg nya adalah sebesar Rp. 4.000
Untuk
lebih jelasnya berikut merupakan harga dari layanan Raja Laundry, diantaranya
sebagai berikut:
CB (Cuci Basah) Rp. 3.500/Kg.
CK (Cuci Kering) Rp. 4.000/Kg.
CKS (Cuci Kering Setrika) Rp.
4.500/Kg.
*Untuk
layanan delivery order dikenakan dikenakan tarif Rp. 1.000 – 3.000 dan hanya
berlaku pada daerah Dinoyo
.
BAB
VIII
STRATEGI
PROMOSI JASA
Langkah berikutnya dalam menjalankan
setiap usaha adalah promosi.Tujuan promosi, untuk memperkenalkan produk atau
jasa yang disediakan melalui berbagai media.Keberhasilan usaha, salah
satunya dapat ditentukan dengan promosi yang tepat.Promosi bisa dilakukan
melalui berbagai media yang penting tujuan promosi yakni menarik calon
pelanggan tercapai.
1. Media
Massa
Karena
media massa, terutama koran banyak dibaca orang tentu akan sangat efektif dalam
menjaring calon pelanggan. Bentuk iklan bisa disesuikan kemampuan anggaran,
bisa mengambil iklan kolom, iklan baris atau iklan adventorial.Harus
diperhatikan dalam memilih media yang akan dipasang iklan. Untuk
usaha laundry yang masih kecil, cukup menggunakan Koran local yang
jangkauannyapun local juga. Namun bila sudah dirasa besar tidak ada salahnya
menggunakan media massa regional atau nasional. Asal anggarannya sesuai dengan
kemampuan, jangan sampai “besar pasak daripada tiang”Di samping media massa
berupa Koran, menggunakan internet untuk mengiklankan jasa raja laundry.
Kelebihan internet relative lebih murah juga tidak dibatasi oleh wilayah dan
tidak membatasi segmentasi calon pelanggan yang akan dituju.
2. Brosur
dan Pamflet
Iklan
dalam bentuk pamflet atau brosur harus dilakukan secara kontinyu.Misalnya,
seminggu sekali, sebulan sekali atau waktu tertentu sesuai kebutuhan.Pamflet
bisa dipasang di tempat-tempat keramaian, seperti masjid, kampus, kantin atau
perumahan-perumahan bahkan kamar koskosan.Hal-hal yang harus diperhatikan dalam
promosi, tonjolkan manfaatnya terlebih dahulu dan jangan harga.Pamflet atau
brosur harus dibuat semenarik mungkin dengan warna yang mencolok. Jangan
sesekali memuat janji-janji yang tidak mungkin ditepati, karena akan member
harapan terlalau tinggi kepada para pelanggan.Buatlah iklan sejujur mungkin
namun tetap menarik dengan penggunaan kata-kata yang menyihir.Soal
kata-kata kita belajar dari mana saja termasuk kata-kata iklan di televisi,
tetapi jangan sampai menjiplak persis.
3. SMS/BBM
Di
zaman modern ini, hampir semua orang menggunakan handphone.Maka tak ada
salahnya jasa laundry anda dipromosikan melalaui SMS.Apalagi, kini
banyak operator yang member layanan SMS gratis.Promosi SMS sangat
tepat dilakukan dalam even-even tertentu untuk memberikan discaount. Misalnya,
momen hari-hari besar, seperti lebaran, natal, sebaiknya semua pelanggan
dikirim SMS berisi discount mencuci 20-30 persen.Di sinilah manfaat
kita memiliki database para pelanggan yang terdokumentasi dalam buku daftar
pelanggan.Hal yang sama bisa dilakuakn melalui facebook, twetter dan blog serta
jejraing sosial lainnya di internet.
4. Datangi
Berbagai Instansi
Beberapa
perusahaan tidak membiarkan karyawannya mencuci pakaian seragam kerja sendiri-sendiri.Tetapi
diserahkan kepada laundry yang dianggap menjamin kualitas hasil
cucian. Untuk instansi demikian, meskipun kita menyediakan jasa laundry
kiloan, tak ada salahnya menerapkan tarifsatuan, plus plastic dan
gantungan baju. Selain menjamin kualitas cucian dan strikaan, secara marjin
akan lebih tinggi dibanding dengan pemberlakuan tarif kiloan.Ada baiknya, kita
juga menawarkan jasa laundry ke hotel-hotel dan tempat-tempat kecantikan
seperti salon dan penyedia spa.Hotel-hotel tertentu –meski sudah memiliki
bagian laundry—mereka masih menggunakan jasa laundry dari luar hotelDemikian
juga untuk penyedia salon dan spa, mereka memerlukan handuk dan kain yang
setiap ada pelanggan harus kering.Jadi kebutuhan terhadap layanan laundry yang
cepat mereka juga sangat membutuhkan.
5. Kerjasama
Caranya
kita bisa menghubungi pengelola usaha yang bergerak dalam bidang yang
berbeda.Seperti koperasi mahasiswa (kopma), warnet, boutiq, rumah makan
bahkan foto copian.Umumnya di lokasi kampus, jenis usaha di atas sangat
menjamur.Promosi kerjasama itu, dengan memberikan discount khusus kepada
pengguna warnet atau jasa lainnya melalaui selembar voucher. Di sini akan
ada hubungan yang saling menguntungkan. Pemilik warnet hanya memberikan vocher
dari jasa laundry dan dia akan mendapat keuntungan dari pengunjung yang ingin
discount laundry. Tantu saja calon pelanggan harus mengakses warnet terlebih
dahulu, baru diberi voucher discount.
BAB IX
STRATEGI
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Struktur organisasi
A.
Job
Description
Sumber
Daya Manusia Pembagian-pembagian unit kerja dalam usaha All Star Laundry ini
terdiri dari :
·
Manajer/Pemilik
Memberikan ide-ide atau arahan kepada
karyawan dalam menjalankan usaha laundry agar mendapatkan pelanggan yang banyak
untuk kemajuan dari usaha laundry, mengkoordinir pelaksanaan dilaundry, dan
mengawasi kerja langsung bawahannya.
·
Pencuci dan Pengering
Yaitu karyawan yang bertugas mencuci
semua kain konsumen, baik berupa pakaian, karpet, dan tas konsumen yang akan
dicuci.
·
Penyetrika
Yaitu karyawan yang bertugas menyetrika
semua kain yang telah dicuci dan telah dikeringkan oleh karyawan pencuci dan
pengering.
·
Kasir
Yaitu yang bekerja di bidang keuangan
seperti mengelola keuangan usaha serta pengalokasian dana untuk proses
operasional bisnis laundry.
·
Kurir
Yaitu karyawan yang memastikan konsumen
sudah mendapatkan hasil cuciannya dan mengantarkan hasil cucian bagi konsumen
yang menggunakan jasa antar jemput
B.
Job
Specification
Di
dalam penerimaan karyawan baru dibutuhkan penyeleksian agar bisa mendapatkan
karyawan yang baik.
Ø Pencuci
dan Pengering:
1. Wanita
2. Bisa
mencuci pakaian dengan bersih
3. berusia
min 17 tahun
Ø Penyetrika
1.
Wanita
2.
usia minimal 17 tahun
3.
minimal tamatan SMA
(Sekolah menengah atas)
4.
berkepribadian baik
5.
Ramah
Ø Kasir
:
1.
Wanita
2.
Jujur dan
berkepribadian baik
3.
Pendidikan terakhir SMA
atau sederajat
Ø Kurir
Antar Jemput:
1.
Laki-laki
2.
Jujur dan rajin
3.
Bisa menggunakan
kendaraan bermotor minimal sepeda motor
4.
Memiliki sim C
BAB
X
STRATEGI
PROSES
Mengelola
Mutu Jasa Terdapat suatu strategi yang dapat ditempuh dalam memenangkan
persaingan dengan pesaing usaha yaitu dengan cara menyampaikan layanan yang
baik dan berkesan secara konsisten dibanding para pesaing dan lebih tinggi
daripada harapan pelanggan. Pelayanan yang baik dari penyedia jasa akan
membentuk suatu kebaikan pada pelanggan akibat proses pemberian jasa yang
dilakukan sangat baik. Dari kebaikan yang telah terbentuk memungkinkan untuk
peningkatan jumlah pelanggan yang ingin menggunakan jasa layanan yang sama.
Untuk menghindari kegagalan dalam penyampaian jasa, perlu diperhatikan
kesenjangan-kesenjangan yang mungkin terjadi, Kesenjangan terjadi antara
harapan konsumen dan persepsi manajemen yang disusun. Contoh, pihak kami
menginginkan kebersihan yang maksimal akan tetapi konsumen menginginkan service
yang cepat. Jasa Laundri ini berusaha memberikan pelayanan dan proses dengan
baik, yaitu salah satunya dengan mendengarkan keluhan dan mengaplikasikan
keluhan tersebut pada perbaikan service selanjutnya yang lebih baik.
PROSES:
1. Penerimaan Pakaian
Hal
pertama yang di adalah bertemu dengan pemilik pakaian dan melakukan penerimaan
layanan. Lakukan dengan teliti, hitung jumlah pakaian yang hendak dicuci,
hitung berat dengan akurat, pencatatan jumlah berat, jenis apakah yang dipilih,
lama layanan, harga dan atas nama siapakah layanan tersebut. Catatan :
Buatlah
pada bon 3 lapis:
·
Lapis pertama untuk konsumen, jika pembayaran lunas.
·
Lapis kedua untuk konsumen, jika pembayaran separuh harga atau saat selesai
layanan.
·
Lapis ketiga untuk kasir, adalah arsip pemasukkan jasa yang telah dilakukan.
Untuk
tahap ini di lakukan perkonsumen agar tidak terjadi tertukar pakaian dari
konsumen
satu ke konsumen lainnya.
2. Proses Pencucian
Memilihlah
jenis pakaian sebelum memasukkannya.Pisahkan antara pakaian berwarna dan jenis
bahan.Hal ini harus diperhatikan dengan teliti, agar terhindar dari resiko
kerusakan dari pakaian tersebut. Jika terdapat pakaian terbuat dari bahan
khusus, baiknya dipisahkan dan cuci dengan cara manual. Karena setiap bahan
memiliki daya penyusutan yang berbeda-beda.
Memilih
sabun cuci atau detergent dan softener yang berkualitas agar pakaian dapat
dicuci dengan baik dan bersih.Lalu memasukkan sabun cuci baju kedalam mesin cuci
dan tak lupa softenernya lalu biarkan bekerja sampai selesai. Agar pakaian
nyaman dipakai proses pelembutan serat kain sangat diperlukan, gunakan softener
yang cocok,sehingga pakaian tidak berbau apek dan menjadikan serat kain lembut,
sehingga proses strika tidak memakan waktu lama.
3. Proses Pengeringan
Pada cara ini harus mengeringkan total sampai ke 100%. Pada pakaian yang bersifat poliuretan dan lycra seperti : baju renang, tali kur, sweater parasut,dll harus diperhatikan selalu, karena bahan tersebut mengandung serat plastik dan karet. Jadi pada saat pengeringan/ dryer hanya sebentar saja cukup 15 sampai 20 menit.
Pada cara ini harus mengeringkan total sampai ke 100%. Pada pakaian yang bersifat poliuretan dan lycra seperti : baju renang, tali kur, sweater parasut,dll harus diperhatikan selalu, karena bahan tersebut mengandung serat plastik dan karet. Jadi pada saat pengeringan/ dryer hanya sebentar saja cukup 15 sampai 20 menit.
4. Proses Penyetrikaan
Setelah
pakaian kering dari dryer dapat dilakukan penyetrikaan, agar pakaian tidak
kusut dan terlihat rapi. Pastikan semua sisi rapi dan hati-hati untuk daerah
bahan sensitif (seperti label dibagian bawah baju dan merek yang terdapat
setiap pakaian), karena akan membuatnya meleh dan memberi efek gatal pada saat
dikenakan. Menggunakan Setrikaan , jenis ironer/setrikaan juga mempengaruhi
kualitas proses ini, selain pengetahuan cara menyetrika terhadap jenis
bahan/kain.
Jika
penyetrikaan telah rapi, didiamkan selama kurang lebih 10 menit untuk
menghilangkan sisa panas dan berilah parfum khusus laundry yang berfungsi untuk
memberikan kesegaran yang tahan lama. Karena dengan begitu pakaian akan lebih
wangi ketika diberikan ke konsumen.
5. Proses Pengepakkan
Langkah selanjut adalah pengepakan dimana pakaian yang sudah rapi dari
penyetrikan yang didiamkan sekitar 10 menit agar sisa panasnya menghilang dapat
dimasukkan kedalam plastik pengepakkan.Buatlah hasil pengepakkan yang rapi dan
tidak memiliki celah, agar disaat dijinjing tidak kusut.Dengan begitu konsumen
mudah untuk membawanya.
6. Proses Penaruhan Ke Rak
Ini adalah langkah terakhir setelah semua pengerjaan dari awal telah
selesai.Setelah pakaian dipak, ada baiknya Anda meletakkan di susuna rak yang
memang khusus dibuat agar memudahkan pengambilan oleh pemiliknya nanti, jangan
lupa berikan tanda dari setiap konsumen yang melakukan jasa laundry agar tidak
terjadinya kesalahan.
BAB
XI
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
Strategi ini merupakan suatu hal yang
secara nyata mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan atau menggunakan produk
jasa yang ditawarkan Raja Laundry. Unsur-unsur yang termasuk di dalam physical
environment atau lingkungan phisik adalah 1) bangunan fisik, 2) perabotan atau
peralatan, 3) perlengkapan, 4) logo, 5) warna dan barang-barang lainnya yang
disatukan dengan layanan laundry (cuci dan setrika pakaian) yang diberikan
seperti plastic pembungkus pakaian. Selain itu atmosfer dari tempat usaha Raja
Laundry yang menunjang seperti visual, aroma, suara, tata ruang, dan lain-lain.
RajaLaundry dalam penataan interiornya
membutuhkan ruangan yang tidak terlalu luas, namun bisa memuat beberapa mesin
cuci serta memiliki tempat yang nyaman untuk melakukan proses penciptaan
layanan jasa laundryyang berkualitas, seperti tempat khusus untuk menyetrika
pakaian serta tempat untuk meletakkan pakaian yang siap diambil agar tidak
tercampur lagi dengan pakaian yang belum diproses. Untuk bisnis jasa laundry,
dalam penataan ruangnya cukup simple karena untuk menciptakan jasa, yang
bekerja adalah karyawan dan konsumen atau pelanggan tidak terlibat langsung
didalamnya sehingga ruangan yang dibutuhkan tidak terlalu luas sehingga hanya
membutuhkan ruangan atau tempat untuk kegiatan memproses jasa meliputi
pencucian dan penyetrikaan (operasional). Hal lain yang saya tambahkan dalam
bangunan Raja Laundry adalah warna bangunan yang mencolok agar mudah dalam
konsumen untuk mencari lokasi Raja Laundry. Selain ituk di depan outlet akan
saya tempatkan Logo dari Raja laundry sebagai tanda bawha took tersebutb
menyediakan jasa Laundry
BAB
XII
MANAJEMEN
KUALITAS JASA
Strategi proses adalah suatu upaya perusahaan
dalam menjalankan dan melaksanakan aktivitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumennya. Untuk perusahaan jasa kerjasama antar marketing dan
operasional sangat penting dalam proses ini, terutama dalam melayani segala
kebutuhan dan keinginan pelanggan (konsumen) secara tepat dan cepat.
Bagaimana cara perusahaan menyampaikan jasa
yang dijual sampai pada konsumen yang membeli atau terkait dengan proses
penyampaian jasa. Pada bisnis jasa
laundry untuk menciptakan jasa yang dibutuhkan konsumen diperlukan waktu selama
2 hari dalam proses penciptaan jasa. Karyawan bertugas untuk melayani segala
keinginan dan kebutuhan pelanggan (konsumen) yang ingin menggunakan jasa
laundry yang saya dirikan dengan cepat dan tepat serta memberikan pelayanan
yang baik kepada konsumen agar konsumen merasa puas dengan jasa yang diberikan.
Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap bisnis yang saya jalankan kerena
apabila pelanggan merasa puas maka pelanggan tersebut akan kembali lagi untuk
menggunakan jasa laundry
Pada
proses penciptaan jasa laundry, karyawan bertugas untuk mencuci pakaian kotor
pelanggan agar pakaian tersebut menjadi bersih dan selanjutnya disetrika dan
ditata rapi sehingga siap untuk digunakan atau dipakai kembali oleh konsumen.
Proses menciptakan jasa laundry tersebut setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2
hari untuk menjadi pakaian kotor menjadi bersih kembali.
Bisnis
jasa Raja laundry dalam menyampaikan jasa yang ditawarkan kepada konsumen
melalui penyebaran brosur kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar Kota Malang.
Dimana masyarakat tersebut biasanya memiliki kesibukan di luar rumah sehingga
kebanyakan dari mereka banyak yang menggunakan jasa laundry untuk efisiensi
waktu mereka.
Pada bisnis jasa Raja laundry yang
saya bangun memiliki beberapa dimensi kualitas jasa, diantaranya adalah :
1.
Tangible (bentuk fasilitas fisik)
Penampilan
dan kemampuan sarana prasarana fisik harus dapat diandalkan. Tersedianya
fasilitas fisik, perlengkapan, dan sarana komunikasi serta yang lainnya dapat
dan harus ada dalam proses jasa.
a.
Peralatan yang modern
Peralatan
yang digunakan pada bisnis jasa laundry yang utama adalah mesin cuci. Disini
mesin cuci sangat berperan penting dalam proses menciptakan jasa laundry,
karena segala aktivitas menciptakan jasa tidak lepas dari peran penting mesin
cuci. Bisnis jasa laundry membutuhkan beberapa mesin cuci untuk proses
penciptaan jasa. Mesin cuci yang digunakan memiliki fasilitas pengering
langsung tanpa memindahkan baju yang telah dicuci ke mesin pengering sehingga
dapat menghemat waktu dan tenaga.
b.
Fasilitas yang menarik
Dalam
bisnis jasa Raja laundry fasilitas yang disediakan hanya jasa pencucian pakaian
namun saya memberikan pelayanan yang baik untuk menarik konsumen agar
menggunakan jasa yang saya tawarkan. Saya juga memberikan fasilitas berupa
kupon cuci gratis setelah 5X mencuci di Raja laundry, hal ini saya lakukan
sebagai strategi untuk menarik konsumen untuk menggunakan jasa saya.
2.
Reability (Kehandalan).
Kemampuan
memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan
terpercaya. Yang terdiri dari :
a.
Memberikan pelayanan sesuai janji.
Saya
memberikan pelayanan jasa sesuai dengan janji yang disepakati antar kedua belah
pihak.Biasanya prosesnya berlangsung kurang lebih 2 hari.Sehingga dalam waktu 2
hari pelanggan bisa datang untuk mengambil pakaian mereka atau pihak saya
(karyawan) yang mengantar ke tempat pelanggan, sesuai dengan kesepakatan di
awal.
b.
Pertanggungjawaban tentang penanganan konsumen akan masalah pelayanan.
Kami
memberikan tanggungjawab apabila terjadi masalah dalam pemberian jasa laundry
apabila masalah yang terjadi karena kelalaian kami. Namun hal itu berlaku
selama 2 jam selebihnya kami sudah tidak bertanggungjawab atas masalah yang
ada. Misalnya adanya pakaian yang luntur, dll.
c.
Memberikan pelayanan yang baik pada saat kesan pertama.
d.
Memberikan pelayanan tepat waktu sesuai janji yang telah disepakati.
3.
Responsiveness (Tanggapan).
Pada
bisnis jasa Rajalaundry membantu
konsumen dalam memberikan pelayanan jasa secara cepat dan tepat serta siap
menangani respon permintaan para konsumen semaksimal mungkin sesuai dengan
kemampuan yang ada.
4.
Assurance (Jaminan)
Bisnis
jasa Raja laundry Clean memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Dengan
cara
·
Karyawan memberi
jaminan berupa kepercayaan diri kepada konsumen.
·
Membuat konsumen merasa
aman saat menggunakan jasa saya
·
Karyawan yang sopan.
5.
Emphaty (Empati)
Memberikan
perhatian yang bersifat individual kepada pengguna dan berusaha untuk memahami
keinginan dan kebutuhan pemakai
·
Memberikan perhatian
individu kepada konsumen Raja Laundry
·
Mengerti keinginan
konsumen Raja Laundry
BAB
XIII
E-MARKETING
E-marketing
atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan
pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau
jaringan www (World Wide Web). Kata e dalam e-pemasaran ini berarti
elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud
dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber.Kegiatan
pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan
dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan
penulisan kalimat-kalimat pemasaran.
Jasa laundry kami mempromosikan
usaha selain secara langsung, namun juga mempromosikan melalui dunia maya
(internet), mengapa demikian, yaitu dengan alasan zaman sekarang banyaknya
pengguna internet yang menggunakan internet untuk mengetahui
informasi-informasi termasuk produk jasa. Ini merupakan pangsa pasar yang
besar.Sekarang tergantung kami, bagaimana design penyampaiannya.
Kami
mempromosikan lebih banyak pada media sosial seperti facebook, twitter,
bbm.Karena tidak di pungkiri orang Indonesia lebih banyak mengunjungi media
sosial dibandingkan website lainnya. Sebagian besar konsumen usaha laundry ini
adalah memiliki karakteristik seperti:
·
Keluarga, profesional,
pengusaha, atau orang-orang sibuk yang nyaris tidak memiliki waktu untuk
mengurusi hal-hal kecil seperti pakaian.
·
Orang yang melek
teknologi dan menggunakan gadget dan perangkat berteknologi tinggi setiap
harinya.
·
Orang yang lebih
menyukai layanan berbasis internet, seperti berbelanja online, atau jasa online
untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena lebih cepat dan praktis.
Maka
jasa laundry online ini kami jalankan dengan mekanisme sebagai berikut:
·
Order; konsumen masuk
ke website atau webpage anda dan memesan layanan laundry secara online.
·
Collect; anda atau
karyawan anda menjemput cucian di tempat yang telah ditentukan konsumen dengan
membawa tas untuk menyimpan pakaian tersebut
·
Clean; proses pencucian
dilakukan seperti biasa, sesuai layanan yang dipilih konsumen, seperti
pencucian biasa atau dry cleaning;
Deliver; anda atau
karyawan anda mengantar kembali pakaian yang sudah bersih ke alamat konsumen
c. Memberikan pelayanan lebih bisa berupa antar jembut laundry (delivery order).
BalasHapusoke gan antar jembut ashiaaaapppppp.. ane nitip londri jembut ane gan
terimakasih atas info menariknya Kak, cukup manfaat...
BalasHapusAplikasi Kasir Android
Maaf mau bertanya nih kak, kalo peran budaya nya sendiri di bisnis laundry ini seperti apa ya??
BalasHapusMohon dijawab ya kak, terimakasih :)
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten | BlackJack
BalasHapusPROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA.
MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA!
? DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL ( Senilai Rp.100.000.000,- )
? New Yamaha Vixion 150 ( Senilai Rp.25.340.000,- )
? Emas Antam 10 Gram ( Senilai Rp.10.160.000,- )
? Free Chips 1.500.000
? Free Chips 1.000.000
? Free Chips 250.000
SYARAT DAN KETENTUAN : KLIK DISINI
DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA
1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa
=> Bonus Cashback 0.3%
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
=> Bonus New Member 10%
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
• Deposit Via Pulsa, OVO & GOPAY
• Pusat Bantuan ituDewa
Facebook : ituDewa Club
Line: ituDewa
WeChat : OfficialituDewa
Telp / WA : +85561809401
Livechat : ituDewa Livechat
Top Teton Wedding Bands for Men - Titanium
BalasHapusTeton titanium mug Wedding Bands for titanium nose rings Men | ray ban titanium Titanium Designs. From vintage wedding accessories to handbags & apple watch stainless steel vs titanium everything inbetween! titanium alloy
The Casino Directory | JtmHub
BalasHapusThe Casino Directory 1xbet app is a complete directory for aprcasino casino and sportsbook operators 출장안마 in jancasino Ireland and Portugal. Jtm's comprehensive directory provides 토토 사이트 you with more than 150